Jl, A. Yani KM. 36 Banjarbaru|statistika.fmipa@ulm.ac.id

Selamat Datang Para Pejuang TUGAS AKHIR STATISTIKA FMIPA ULM

Tugas Akhir (TA) adalah tugas yang memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk membuat karya ilmiah tertulis, dengan menerapkan sikap, cara berpikir, dan metode ilmiah dalam memecahkan masalah aplikatif serta mampu menyajikan dan mempertahankan hasilnya secara tertulis dan secara lisan dalam rangka menyelesaikan pendidikan Sarjana.  Tugas Akhir merupakan karya ilmiah hasil penelitian maupun kajian ilmiah yang dilakukan mahasiswa sebagai salah satu syarat wajib menyelesaikan studi di ULM. Tugas Akhir bagi mahasiswa program Sarjana berupa Skripsi. Skripsi merupakan karya tulis ilmiah mahasiswa yang mencerminkan kemampuannya dalam melakukan proses dan pola berpikir ilmiah melalui kegiatan penelitian di laboratorium, studi lapang, kajian studi literatur ataupun rekayasa.

surat pendukung dan pendaftaran ta

Menghadiri seminar skripsi

Syarat untuk dapat melaksanakan Seminar Proposal TA adalah wajib BERHADIR dan BERTANYA pada Seminar TA baik itu di Prodi Statistika maupun diluar Prodi Statistika sebanyak 10 kali

Pendaftaran ta

Untuk menentukan Pembimbing 1 dan 2 serta mengetahui minat topik skripsi yang dipilih mahasiswa yang memprogram / nonprogram skripsi harap segera melakukan pendaftaran TA

SURAT PERIZINAN PENELITIAN​

Silahkan mengisi GSheet dibawah ini. Apabila telah mengisi harap segera menginfokan ke admin Prodi untuk diproseskan persuratannya

SURAT PERMINTAAN DATA

Silahkan mengisi GSheet dibawah ini. Apabila telah mengisi harap segera menginfokan ke admin Prodi untuk diproseskan persuratannya

Tahap Pra SEMINAR PROPOSAL

MENYUSUN DRAFT PROPOSAL

Menyusun draft proposal sesuai dengan format penulisan. Format penulisan dapat didownload pada tombol dibawah ini

MELAKUKAN KONSULTASI

Melakukan konsultasi proposal kepada dosen pembimbing utama dan pendamping minimal 5 kali dan mengisi blangko konsultasi sesuai format yang disediakan. Blangko konsultasi dapat didownload pada tombol dibawah ini

PERMINTAAN DOSEN PENGUJI

Setelah dinyatakan layak diseminarkan, silahkan mengisi form permintaan dosen penguji dibawah ini. Apabila telah mengisi harap segera menginfikan ke admin Prodi untuk diproseskan.

KOORDINASI WAKTU PELAKSANAAN

Apabila telah diinfokan nama dosen penguji, segera koordinasi waktu pelaksanaan yang dapat dihadiri oleh pembimbing maupun penguji dengan memperhatikan ruangan yang tersedia. Untuk pembimbing / penguji diluar Prodi Statistika tidak diwajibkan untuk berhadir secara langsung diruang seminar.

tempat pelaksanaan

Untuk informasi tempat pelaksanaan yang tersedia dapat mengakses pada tombol dibawah ini. Apabila telah disepakati waktu seminar harap segera mengisi di sheet yang tersedia.

LEMBAR PERSETUJUAN SEMINAR

Apabila telah disepakati waktu pelaksanaan seminar, silahkan download dan lengkapi lembar persetujuan seminar proposal berikut.

PENDAFTARAN SEMINAR POPOSAL

Apabila semua berkas telah dilengkapi silahkan melakukan pendaftar seminar proposal pada link dibawah ini kemudian konfirmasi ke admin Prodi untuk proses penerbitan undangan seminar. Batas pendaftaran seminar adalah H-4 dari waktu pelaksanaan.

reminder

1. Jikalau sudah mendaftar harap memberitahukan ke admin prodi (Ka Winda) dan pengelola TA (Bu Selvi) untuk penerbitan undangan.

2. Ketika akan melaksanakan seminar proposal, diharapkan mahasiswa yang berhadir minimal 10 orang diruangan.

PENYERAHAN UNDANGAN DAN SKRIPSI

Setelah undangan diterbitkan oleh admin Prodi, kemudian menyerahkan undangan dan skripsi cetak + softfile skripsi kepada pembimbing dan penguji. Batas waktu penyerahan adalah H-3 dari waktu pelaksanaan

REMINDER

Mengingatkan kembali waktu pelaksanaan seminar kepada dosen pembimbing dan penguji H-3 dan beberapa jam sebelum pelaksanaan seminar

PERSIAPAN ALAT & RUANGAN

30 menit sebelum pelaksanaan seminar mahasiswa lapor ke admin Prodi jika sudah diruangan dan dapat melakukan persiapan alat dan ruangan.

Pelaksanaan Seminar Proposal

Dresscode : Pakaian rapi + Jas Almamater

Tahap pra SEMINAR hasil & Sidang ta

REVISI PROPOSAL

Melakukan revisi draft proposal kepada Dosen Penguji dan jika sudah selesai, harap melakukan TTD di lembar pengesahan

FORMAT PENULISAN

Melakukan penulisan skripsi sesuai dengan format pedoman TA Statistika. Format penulisan dapat didownload pada tombol dibawah :

MELAKUKAN KONSULTASI

Melakukan konsultasi skripsi kepada dosen pembimbing utama dan pendamping minimal 8 kali dan mengisi kartu konsultasi sesuai format yang disediakan. Kartu konsultasi dapat didownload pada tombol dibawah ini

BEBAS RUANG BACA

Mengurus Surat Bebas Ruang Baca FMIPA ULM sesuai dengan SOP dibawah ini

ALUR MENGIKUTI TOEFL

Mengerjakan test untuk mendapatkan sertifikat dari fakultas note: nama pengguna dan kata sandi menggunakan nim

Setelah mendapatkan sertifikat, dilanjutkan mendaftar TOEFL di UPT Bahasa

BEBAS LABORATORIUM

Mengajukan Surat Keterangan Bebas Laboratorium pada link dibawah ini.

SKPI MAHASISWA

Melengkapi berkas SKPI di Portal Mahasiswa SIMARI. jika sudah bisa meminta surat sudah megnumpulkan SKPI ke Subbag Kemahasiswaan FMIPA ULM

SIDANG NOL

Melengkapi berkas dan mendaftar sidang nol pada tombol DAFTAR dibawah ini. Apabila telah mendaftar silahkan tunggu 1x24 jam untuk proses cek berkas dari subbag akademik dan penerbitan hasil surat sidang nol pada tombol SURAT SIDANG NOL.
Required : Silahkan klik tombol Daftar Sidang Nol

KOORDINASI WAKTU pelaksanaan

Apabila telah siap untuk diseminarkan segera koordinasi waktu pelaksanaan yang dapat dihadiri oleh pembimbing maupun penguji dengan memperhatikan ruangan yang tersedia. Untuk pembimbing / penguji diluar Prodi Statistika tidak diwajibkan untuk berhadir secara langsung diruang seminar.

Tempat pelaksanaan

Untuk informasi tempat pelaksanaan yang tersedia dapat mengakses pada tombol dibawah ini. Apabila telah disepakati waktu seminar harap segera mengisi di sheet yang tersedia.

LEMBAR PERSETUJUAN SEMINAR

Apabila telah disepakati waktu pelaksanaan seminar, silahkan download dan lengkapi lembar persetujuan seminar proposal berikut.

PENDAFTARAN SEMINAR HASIL & SIDANG TA

Apabila semua berkas telah dilengkapi silahkan melakukan pendaftar seminar hasil & sidang TA pada link dibawah ini kemudian konfirmasi ke admin Prodi untuk proses penerbitan undangan seminar. Batas pendaftaran seminar adalah H-3 dari waktu pelaksanaan.

Tahap SEMINAR hasil & Sidang ta

PENYERAHAN UNDANGAN DAN SKRIPSI

Setelah undangan diterbitkan oleh admin Prodi, kemudian menyerahkan undangan dan skripsi cetak + softfile skripsi kepada pembimbing dan penguji. Batas waktu penyerahan adalah H-3 dari waktu pelaksanaan

REMINDER

Mengingatkan kembali waktu pelaksanaan seminar kepada dosen pembimbing dan penguji H-3 dan beberapa jam sebelum pelaksanaan seminar

PERSIAPAN ALAT & RUANGAN

30 menit sebelum pelaksanaan seminar mahasiswa dan admin Prodi melakukan persiapan alat dan ruangan.

Pelaksanaan Seminar Hasil & Sidang TA

Dresscode : Pakaian Hitam Putih + Jas Hitam

Tahap PASCA SEMINAR hasil & Sidang ta

REVISI

Melakukan revisi draft proposal kepada Dosen Pembimbing dan Penguji. Jikalau telah disetujui, silahkan meminta tanda tangan kepada Dosen Pembimbing dan Penguji di Lembar pengesahan

ARTIKEL PENELITIAN

Menyusun dan melakukan konsultasi artikel penelitian kepada dosen pembimbing. Adapun contoh artikel dapat didownload pada link dibawah

CEK PLAGIASI ARTIKEL PENELITIAN & SURAT PERNYATAAN PLAGIASI

Apabila telah selesai melakukan penyusunan artikel kemudian dilanjutkan dengan pengecekan plagiasi dengan mengirim file artikel ke email pengelola JTAM Statistika dan konfirmasi ke admin Prodi.
Email : jtam.statistika@ulm.ac.id

CATATAN

Untuk Sertifikat Plagiasi dan Halaman Pengesahan Skripsi harus dikasih stempel fakultas. Stempel dapat diminta pada bagian pelayanan FMIPA di gedung 1 FMIPA ULM depan ruang Aula Einstein FMIPA ULM

INFOGRAFIS PENELITIAN

Menyusun dan melakukan konsultasi INFOGRAFIS penelitian kepada dosen pembimbing. Adapun contoh poster dapat didownload pada link dibawah

PERSETUJUAN ARTIKEL DAN INFOGRAFIS

Setelah artikel dan infografis disetujui kemudian membuat surat persetujuan artikel dan infografis sesuai form dibawah ini.

SURAT PUBLIKASI ARTIKEL

Membuat dan melakukan konsultasi publikasi artikel dengan mengisi surat pernyataan publikasi pada link berikut.

TANDA TERIMA SKRIPSI

Silahkan download form tanda terima skripsi untuk diserahkan ke Ruang Baca FMIPA ULM dan Dosen Pembimbing.

MENYERAHKAN SKRIPSI KE RUANG BACA FMIPA ULM

Setelah skripsi sudah selesai, kemudian dapat melakukan pengumpulan skripsi ke ruang baca FMIPA ULM dengan cara Upload file skripsi ke ruang baca pada link berikut

MENYERAHKAN SKRIPSI KE DOSEN PEMBIMBING

Menyerahkan skripsi kepada Dosen Pembimbing. Silahkan dikoordinasikan ke dosen pembimbing masing-masing apakah ingin diserahkan skripsi yang cetak atau file skripsi

menyerahkan Buku ajar

Berdasarkan kebijakan Prodi, mulai tahun 2023 mahasiswa diwajibkan menyerahkan SATU BUAH buku referensi bidang statistika menyesuaikan Penelitian TA sebagai bahan bacaan maupun bahan referensi mahasiswa statistika.

UPLOAD BERKAS YUDISIUM

Setelah semua kelengkapan berkas dilengkapi segera lakukan upload dokumen tersebut pada link dibawah ini. Setiap File harap mengikuti Format berikut : NAMA LENGKAP - JENIS BERKAS.
Setelah selesai segera konfirmasi ke admin Prodi untuk proses cek berkas.
Untuk cara mengasih watermark dan dikunci PDF ny dapat dilihat pada link berikut :

DAFTAR YUDISIUM

Setelah berkas dinyatakan lolos checking, kemudian silahkan melakukan pendaftaran yudisium pada link berikut.

SURAT KETERANGAN BEBAS PUSTAKA

Mengurus berkas surat keterangan bebas pustaka Perpustakaan ULM pada link dibawah ini

MELAKUKAN PENDAFTARAN WISUDA

Setelah selesai pelaksanaan yudisium kemudian dilanjutkan dengan pendaftaran wisuda pada portal mahasiswa.

sarjana statistika (s.stat)

BERKAS LAINNYA

Kumpulan Arsip Digital Laporan Skripsi (Tugas Akhir) Mahasiswa Statistika dapat dilihat pada tombol disamping. Dan juga dapat dilihat langsung pada Ruang Baca FMIPA. (Note : Harap Gunakan Akun Email ULM)

Tim Pengelola Tugas Akhir

Ketua Tim Pengelola TA
Dewi Sri Susanti, S.Si., M.Si

Anggota Tim Pengelola TA
Selvi Annisa, S.Si., M.Si

Anggota Tim Pengelola TA

Winda Adinda Tanjung, S.Stat

Email : pengelola.skripsi.statistika@ulm.ac.id

Go to Top
[contacts]