Jl, A. Yani KM. 36 Banjarbaru|statistika.fmipa@ulm.ac.id

Selamat Datang Pejuang Kerja Lapang

Kerja lapang merupakan mata kuliah wajib di semester 6 yang harus diambil mahasiswa statistika.

Tujuan Kerja Lapang

Melatih mahasiswa agar mampu beradaptasi dan berkontribusi dalam dunia kerja.

Memberikan pengalaman kepada mahasiswa tentang sistem yang berlaku dalam dunia kerja, baik di instansi pemerintah atau swasta

Memberikan pengalaman kepada mahasiswa tentang penerapan teori dan aplikasi yang telah dipelajari di bangku kuliah pada permasalahan riil di dunia kerja

Memberikan bekal pada mahasiswa agar lebih siap bersaing dalam Era Revolusi Industri 4.0 dan Revolusi Society 5.0.

1
Instansi / Perusahaan Yang Pernah Menjadi Tujuan Kerja Lapang
Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BALITBANGDA) Provinsi Kalimantan Selatan
Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Kotawaringin Timur
Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Hulu Sungai Tengah
Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BAPPEDA) Kota Banjarbaru
Badan Pusat Statistik Kabupaten Balangan
Badan Pusat Statistik Kabupaten Banjar
Badan Pusat Statistik Kabupaten Barito Kuala
Badan Pusat Statistik Kabupaten Barito Utara
Badan Pusat Statistik Kabupaten Hulu Sungai Utara
Badan Pusat Statistik Kabupaten Kotabaru
Badan Pusat Statistik Kabupaten Murung Raya
Badan Pusat Statistik Kabupaten Paser
Badan Pusat Statistik Kabupaten Penajam Paser Utara
Badan Pusat Statistik Kabupaten Tabalong
Badan Pusat Statistik Kabupaten Tanah Bumbu
Badan Pusat Statistik Kabupaten Tanah Laut
Badan Pusat Statistik Kabupaten Tapin
Badan Pusat Statistik Kota Banjarbaru
Badan Pusat Statistik Kota Banjarmasin
Badan Pusat Statistik Kota Palangka Raya
Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Selatan
Balai Arkeologi Kota Banjarmasin
Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Barito
Balai Riset dan Standarisasi (BARISTAN) Kota Banjarbaru
BMKG Klas 1 Kota Banjarbaru
Dinas Kehutanan Prov. Kalsel
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Hulu Sungai Tengah
Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan
Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Banjarbaru
Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Selatan
Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Banjarmasin
Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Amuntai
Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Kalsel
Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kab. Banjar
Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tabalong
Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalimantan Selatan
Dinas Pertanian Tanaman Pangan Dan Hortikultura Kabupaten Barito Kuala
Dinas Sosial Kota Banjarbaru
Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Banjar
Kantor Kecamatan Hatungun Kabupaten Tapin
Kantor Kecamatan Panyipatan Kabupaten Tanah Laut
Kantor Pos Cabang Kuala Kapuas
Kanwil DJKN Kalimantan Selatan dan Tengah
Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional Kantor Kota Banjarmasin
Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Kalimantan Selatan
PT Bank Syariah Indonesia Tbk KC Banjarmasin A. Yani KM2
PT Bank Syariah Indonesia Tbk KC Martapura
PT. Agrabudi Karya Migas Kota Banjarbaru
PT. Agro Afiat Nusantara
PT. Diyatama Metro Sejati
PT. PLN (Persero) UIKL Kalimantan
Puskesmas Sungai Ulin
Sekretariat Daerah Prov. Kalsel
Unit Pelayanan Pendapatan Daerah (UPPD) Samsat Kandangan

TAHAP PRA-KERJA LAPANG

Menghadiri Diseminasi Kerja Lapang

Syarat untuk dapat melaksanakan Diseminasi Kerja Lapang nanti adalah melengkapi form MENGHADIRI dan BERTANYA pada Diseminasi Kerja Lapang/Kerja Praktik/Magang baik itu di Prodi Statistika maupun diluar Prodi Statistika sebanyak 5 kali (Berhadir dan bertanya secara offline)

TAHAP AWAL KERJA LAPANG

Menelusuri Informasi

Untuk mengefesiensikan waktu, harap jauh-jauh hari sebelum masa pemprograman KRS segera melakukan penelusuran informasi penerimaan magang di instansi/perusahaan yang dituju. Untuk rekomendasi tempat instansi / perusahaan yang pernah menjadi tempat magang dapat dilihat diatas.

Mengusulkan Permohonan Surat

Apabila pihak instansi/perusahaan telah menyatakan menerima pada saat penelusuran informasi penerimaan magang, harap segera mengisi sheet dengan menulisan USULAN NAMA MAHASISWA.
Apabila pihak instansi/perusahaan tidak memberikan informasi penerimaan magang, harap segera mengisi sheet dengan menulisan INFORMASI PENERIMAAN MAGANG.
Setelah mengisi gsheet tersebut harap segera mengkonfirmasi ke admin Prodi untuk diproseskan persuratannya.

Mengantar Surat Permohonan

Setelah surat dikasihkan admin Prodi, silahkan surat diantar ke instansi / perusahaan tersebut. Harap meminta kontak yang dititipkan surat tersebut untuk memfollow up surat tersebut.
Apabila telah dinyatakan DITERIMA silahkan lanjut ke tahap selanjutnya. Apabila dinyatakan DITOLAK silahkan melakukan penelusuran informasi ke instansi/perusahaan yang lain dan mengusulkan surat permohonan.

TAHAP PELAKSANAAN KERJA LAPANG

Kesediaan Pembimbing Eksternal

Silahkan download dan lengkapi surat kesediaan pembimbing eksternal berikut ini

Surat Izin Orangtua

Silahkan download dan lengkapi surat izin orangtua berikut ini

Usulan Kerja Lapang

Silahkan download dan lengkapi berkas usulan kerja lapang berikut ini

Pembagian Pembimbing Internal

Pengelola Kerja Lapang akan membagikan pembimbing internal pada link gsheet yang akan diinfokan selanjutnya.

Konsultasi Tema Kegiatan / Rincian Aktivitas

Silahkan melakukan konsultasi kepada Pembimbing Eksternal maupun Pembimbing Internal terkiat tema kegiatan / rincian aktivitas selama magang

Upload Berkas Awal

Silahkan upload berkas awal pada GForm dibawah ini.
Required :
1. Transkrip Nilai
2. Sertifikat LKMM-PD
3. Sertifikat LKMM-D
4. Usulan Kerja Lapang
5. Surat Izin Orangtua
6. Kesediaan Pembimbing Eksternal

Kartu Konsultasi

Silahkan download dan lengkapi kartu konsultasi berikut ini. Konsultasi dapat dilaksanakan sebanyak 5x dengan Pembimbing Internal dan 5X dengan Pembimbing Eksternal pada saat penentuan tema, penyusunan laporan, dsb.

Daftar Hadir

Silahkan download dan lengkapi daftar hadir berikut ini.

Format Laporan Kerja Lapang

Silahkan download format laporan kerja lapang dibawah ini.

Surat PeRMINTAAN DATA

Silahkan mengisi GSheet dibawah ini. Apabila telah mengisi harap segera menginfokan ke admin Prodi untuk diproseskan persuratannya

Template Surat Perpanjangan Magang

Bagi instansi/perusahaan yang ingin memperpanjang durasi pelaksanaan magang, silahkan download dan lengkapi surat dibawag ini.

Pembagian Dosen Penguji

Pengelola Kerja Lapang akan membagikan dosen penguji pada link gsheet yang akan diinfokan selanjutnya.

TAHAP DISEMINASI KERJA LAPANG

Tempat Pelaksanaan Diseminasi

Untuk informasi tempat pelaksanaan yang tersedia dapat mengakses pada tombol dibawah ini. Apabila telah disepakati waktu diseminasi harap segera mengisi di sheet yang tersedia.

Rekomendasi tempat adalah Ruang 1.2.1 Gedung 1 dan Lab Statistika. Apabila penuh silahkan mencari ruang sidang di gedung 2 (Pengisian Lab Statistika di PS STATISTIKA)
Note : Setelah mengisi harap konfimasi ke Admin Prodi

Konfirmasi Jadwal dengan Pembimbing dan penguji

Silahkan melakukan konfirmasi jadwal pelaksanaan diseminasi ke pembimbing internal, eksernal dan penguji.

Pendaftaran Diseminasi

Apabila semua berkas telah dilengkapi silahkan melakukan pendaftar diseminasi pada link dibawah ini kemudian konfirmasi ke admin Prodi untuk proses penerbitan undangan diseminasi. Batas pendaftaran diseminasi adalah H-3 dari waktu pelaksanaan.
Required :
1. Laporan Kerja Lapang (*pdf)
2. Materi Presentasi (*pdf)
3. Blangko bimbingan konsultasi (*pdf)
4. Blangko menghadiri Diseminasi KP/KL min 5x (*pdf)
5. Daftar Hadir Kerja Lapang (*pdf)

Note: jika sudah mendaftar harap hubungi admin prodi/ pengelola Kerja Lapang

Menyerahkan Berkas & Undangan

Setelah undangan diterbitkan oleh Pengelola KL, kemudian menyerahkan undangan dan laporan cetak + undangan kepada pembimbing dan penguji. Batas waktu penyerahan adalah H-3 dari waktu pelaksanaan

Pelaksanaan Diseminasi

TAHAP PASCA-DISEMINASI KERJA LAPANG

Revisi Laporan

Melakukan revisi laporan kepada Dosen Pembimbing Internal dan Eksternal

Upload Laporan Final

Setelah selesai melakukan revisi, silahkan upload laporan final pada gform dibawah ini.

Tim Pengelola Kerja Lapang Statistika

Yuana Sukmawaty, S.Si., M.Si
Ketua Tim Pengelola

Al Hujjah Asianingrum, S.Stat., M.Si
Anggota Tim Pengelola

Winda Adinda Tanjung, S.Stat

Anggota Tim Pengelola & Admin Prodi

Email : pengelola.kp.statistika@ulm.ac.id

Go to Top
[contacts]